Renaldi

Android Apps Developer

Freelancer

Bukan Blogger

Renaldi

Android Apps Developer

Freelancer

Bukan Blogger

Thread Post

Tutorial Android Studio: 2 Cara Mengatur Brightness Screen Pada Activity

Tutorial Android Studio: 2 Cara Mengatur Brightness Screen Pada Activity

Assalamualaikum, halo haii para pembaca. Ngemeng-ngemeng ini konten tutorial gue yang pertama kalinya di website ini, untuk menghindari hal-hal yang gak gue inginkan, misalkan lupa gitu, hahaha ,,, By the way, tutorial ini bakalan gue upload di github pribadi gue yaitu github.com/renaldi2108 , biar nambah-nambahin repository lah yak, hahaha …

Sebelum gue masuk ke tutorial, gue mau cerita sedikit yak, hahaha … Jadi ceritanya gini bro, beberapa hari lalu gue dapet task nih terkait tentang managing brightness screen untuk kebutuhan aplikasi tersebut (maap neh gue gak bisa sebut, bukan konten promosi soalnya, hahaha), kebetulan kemarin baru sempet ngerjainnya. Itu task sebenernya udah selesai, tapi masalahnya itu karena adanya permission, gue cari lah alternatif untuk mengatur brightness screen tanpa pake permission tersebut, dan ternyataa ,,, Ada caranya dan gue baru tau ada 2 cara yang dapat mengatur brightness screen android. Gue tau caranya mengatur brightness screen tanpa permission itu dari bantuan temen-temen komunitas dan juga sambil searching di internet dengan berbagai kata kunci di mesin pencarian google. Biar gue gak lupa dan siapa tau ada kebutuhan yang sama, gue buatlah tutorial ini dan sekalian juga buat isi konten di website ini biar gak kosong-kosong amat, di lain waktu bakalan gue push juga ke github pribadi biar makin oke, lumayan nambah2in repository biar diliat aktif, hahahaha ,,,

Tutorial Mengatur Brightness Screen Programmatically di Android

Okeoke, ceritanya udahan yak, sekarang waktunya masuk tutorial, Hahaha … Oke, seperti yang gue jelasin sebelumnya ada 2 cara untuk managing brightness screen, yang pertama adalah mengatur brightness screen yang membutuhkan permission, dan yang kedua adalah yang tidak membutuhkan permission. Perbedaannya apa Ren? Mungkin salah satu perbedaannya udah jelas ya. Tapi, secara teknis itu cara yang membutuhkan permission, ketika si pengguna aplikasi tersebut mengatur brightnessnya pada aplikasi yang kita buat, itu akan berperngaruh ke brightness screen yang ada pada pengaturan. Maksudnya? Okeoke, ini gue lampirkan gambar ajadeh biar gak bingung apa yang gue maksud.

Tutorial Mengatur Brightness Screen di Android Studio

Nah, brightness yang gue maksud itu yang gue lingkarin merah itu, brightness screen itulah yang gue maksud. Yang tidak membutuhkan permission itu hanya pada activity yang lagi stay aja, dan tidak akan berpengaruh pada brightness screen yang ada di pengaturan. Ketika activity yang lu atur brightnessnya segelap/seterang mungkin, ketika lu close activity tersebut, brightnessnya akan kembali normal seperti pada brightness screen yang ada di pengaturan tersebut.

Biasanya, fitur untuk manage brightness screen ini ada pada aplikasi-aplikasi pemutar video(gak perlu gue sebutin lah yak aplikasinya, kan bukan konten promo, hahaha). Kalo mau implementasikan fitur ini walaupun aplikasi lu bukan aplikasi pemutar video, ya gak masalah juga, sing penting sesuai dengan kebutuhan aja. Kalo butuh untuk managing brightness screen, ya pake lah itu.

Manage Brightness Screen Menggunakan Permission

Berikut adalah kode program untuk mengatur brightness screen dengan menggunakan permission:

int brightnessValue = 50;

Settings.System.putInt(
        getContentResolver(),
        Settings.System.SCREEN_BRIGHTNESS,
        brightnessValue
);

dan perlu ditambahkan pula dibagian AndroidManifest.xml dengan kode program sebagai berikut:

<uses-permission android:name="android.permission.WRITE_SETTINGS" tools:ignore="ProtectedPermissions" />

Setelah hal ini sudah dilakukan, coba aja lu run aplikasi yang udah lu terapin ini, pasti bakalan error. Kenapa? Karena dibagian setting appsnya itu tidak di allow. Biar lu gak pusing nyari-nyari dibagian mana harus lu allow, nih gue kasih tambahan kode program untuk ke permission tersebut, cekkiidoott:

Intent intent = new Intent(Settings.ACTION_MANAGE_WRITE_SETTINGS);
intent.setData(Uri.parse("package:" + getActivity().getPackageName()));
startActivity(intent);

Kalo bisa, kode program untuk direct ke permission itu digunakan sebelum mengeksekusi kode program yang pertama itu. Jadi, setelah sudah di allow permissionnya, barulah eksekusi kode tersebut. Lebih detailnya nanti gue taruh di github gue ya bro.

Manage Brightness Screen Tanpa Menggunakan Permission

Udah masuk ke tahap yang tanpa permission nih untuk mengatur brightness screennya, berikut adalah kode programnya:

int brightnessValue = 50;
WindowManager.LayoutParams layoutParams = getWindow().getAttributes();
layoutParams.screenBrightness = brightnessValue;
getWindow().setAttributes(layoutParams);

Lebih mudah bukan?? Cukup mengatur screenBrightness pada variable WindowManager.LayoutParams dan taruh variable tersebut ke method setAttributes tersebut, dan taraaaa!! Manage brightness screen tanpa menggunakan permission bisa di jalankan.

Untuk tutorial ini sepertinya sudah cukup ya, kode program yang lebih lengkapnya bakalan gue upload ke github pribadi gue di github.com/renaldi2108 (Kalo bisa sih follow akun github gue sekalian yak, ehh ,,, hahaha). Oke sekian dari gue dan kalo ada penjelasan yang salah atau gimana, mohon di maafkan ya. Kalo bisa, berikan komentar untuk koreksi pembahasan gue ini, biar gue perbaiki konten ini.

Terima kasih

Taggs:
Write a comment